Jul 20, 2012

Bukan Cinta Sejati

Semua orang akan mempunyai pendapat masing-masing tengtang arti dari cinta, karena pada dasarnya cinta oleh manusia dalam kesahariannya sering didefinisikan sesuai berdasarkan pengalaman cinta mereka
seseorang akan mengatakan cinta itu indah apabila penglaman cintanya yang sebelumnya berakhir dengan kebahagiaan ( happy ending ), begitu pula sebaliknya akan ada orang lain yang mengatakan cinta itu buta, atau mungkin cinta itu menyakitkan or anehnya lagi menyebut cinta adalah seuatu yang absurd apabila pengalaman pribadi mereka mewujudkan cinta ke dalam arti sedemikian rupa.

Kita sudah sering mendengar definisi “cinta sejati”. Jumlahnya tak terhitung saking banyaknya. Namun kita tak perlu bingung ;Toh kebanyakan definisi itu merupakan hasil pemikiran subyektif dan tidak logis.
Supaya tidak terjebak dalam kebingungan, lebih baik kita bersandar pada definisi yang ilmiah, obyektif, dan logis. Salah satu definisi yang ilmiah, obyektif dan logis itu dikemukakan oleh M Scott Peck dalam The Road Less Travelled. Ia mendefinisikan cinta sebagai “kemauan untuk mengembangkan diri sendiri dengan maksud memelihara pertumbuhan spiritual diri sendiri atau perkembangan spiritual orang lain”. 

Ungkapan “dengan maksud” pada definisi tersebut saya garisbawahi karena tujuanlah yang terutama membedakan antara cinta dan yang bukan cinta. Dengan demikian, cemburu buta atau pun upaya mengekang sang kekasih (walau dengan alasan demi menjaga keselamatannya) bukanlah cinta sejati.
Dalam pada itu, untuk memelihara perkembangan spiritual orang lain yang kita cintai, kita perlu lebih dulu mengembangkan diri sendiri. Mengapa demikian? M Scott Peck menerangkan:

  • Bila kita mencintai seseorang, cinta kita dapat dibuktikan atau diwujudkan hanya dengan cara pengerahan tenaga kita sendiri…. 
  • Cinta bukan tanpa usaha. Sebaliknya, cinta itu penuh dengan usaha.

Namun tak ayal juga cinta yang diharapkan, diperjuangkan dan diprtaruhkan dengan sesungguhnya tidak pernah tercapai  atau selalu gagal pada akhirnya, jawabannya singkat :  saya tidak tahu mengapa semua ini terjadi, aneh tapi nyata. karena cinta itu kompleks dan misterius, tidak kompromi. tanya kenapa . ?? Takdir dan jodoh jawabannya.. hehehee
Salam

0 Comments:

Post a Comment

© P A S T 2012 | Blogger Template by Enny Law - Ngetik Dot Com - Nulis